Selasa

membuat email dapat diakses lewat handphone (HP)

Cara membuat email dapat diakses melalui handphone (HP) terlebih dahulu kita harus mengatur settingan gmail kita. Login pada Gmail,

Kemudian masuk ke Settings >> Fowarding and POP/IMAP kemudian atur agar fasilitas POP download aktif. Kemudian simpan perubahan dengan menekan tombol

“Save Changes”.

Sedangkan untuk setting-ngan di handphone adalah sebagai berikut :

Toturial Pengaturan email dihandphone kali ini menggunakan hanphone Nokia, dihanphone nokia dapat dilakukan secara manual dan otomatis, cara otomatis dapat menggunakan bantuan setting wizard.

Setting menggunakan wizard:

Buka aplikasi setting wizard, kemudian pilih E-mail,setelah itu pilih operator yang digunakan misalnya Telkomsel, Nah, selanjutnya kita tinggal memilih E-mail provider pilih Gmail,. Misalnya kita pilih Yahoo Indonesia Maka pada bagian Outgoing Mail Server (Server Surat Keluar) akan menjadi mail.telkomsel.com. Tugas selanjutnya isi E-mail address sesuai alamat email Anda misalnya amr23@gmail.com pada bagian username: isi dengan amr23 (sesuai dengan nama email anda), kemudian Passwordnya isi dengan password email Anda. Setelah semua terisi pilih options, pilih OK. Akan muncul konfirmasi “Define mailbox?” pilih OK. Muncul lagi pesan “E-mail settings defined”, pilih OK. Sekarang email Anda sudah selesai di atur.

Selanjutnya Anda tinggal membuka menu pesan, pilih kotak surat Anda sesuai yang dibuat tadi yaitu gmail.com maka pilih gmail.com (ini bisa diganti sesuka Anda)
Untuk pengaturan selanjutnya akan dilanjutkan cara pengaturan secara manual,

Setting Manual:

  • Pertama buka menu pesan, pilih mailbox dan akan muncul pesan “No mailbox defined. Define Now?” Pesan ini akan muncul kalau anda belum melakukan pembuatan mailbox (kota surat). Selanjutnya pilih Yes.
  • Berikutnya pada halaman Mailbox terdapat 3 pilihan yaitu: Mailbox settings, User settings, Automatic retrieval.
  • Pertama pilih dulu Mailbox settings. Pada bagian Mailbox name anda isi sesuai dengan keinginan Anda. Misalnya amr23
  • Pada bagian Access point in use: isi dengan layanan paket data yang akan anda gunakan, misalnya TELKOMSEL, Pilih Options, pilih select.
  • Pada My e-mail address isi sesuai dengan alamat email anda misalnya: amr23@gmail.com bila sudah selesai pilih OK.
  • Sedangkan pada bagian Outgoing mail server isi sesuai dengan layanan email yang anda gunakan, misalnya: smtp.gmail.com
  • Selanjutnya pada bagian Send message biarkan saja pilihan: Immediately (maksudnya pesan akan dikirim segera bila kita pilih send).
  • Pada bagian Username: isi sesuai dengan alamat email Anda misalnya amr23@gmail.com maka anda isi Username dengan amr23 saja. Dan pada bagian Password isi sesuai dengan password email anda.
  • Pada bagian Incoming mail server: anda isi sesuai dengan layanan anda misalnya:, pop.gmail.com
  • Selanjutnya pada bagian Mailbox type: pilih POP3
  • Pada bagian Security (port): isi saja dengan pilihan off
  • Berikutnya pilih tombol Back, maka kita kembali ke menu sebelumnya, pada bagian ini pilih User settings. Pada bagian user settings ini Anda atur sendiri saja ya. Misalnya pada bagian Retrieve: pilih saja Msgs.&attachs. Pada Send copy to self: pilih Yes, Include signature: pilih Yes bila ingin memasukkan tanda tangan. Pada bagian My Name: isi Apa nama yang akan muncul di mailbox email orang lain, atau nama kontak email kita misalnya amr23. Tekan tombol Back.
  • Selanjutnya Anda sudah bisa kirim dan terima email. Dan anda dapat menambahkan mailbox sebanyak-banyaknya dan kalau memori hp anda kecil pindahkan saja memori pesan ke memory card. Serta anda lebih mudah mengecek email yang masuk dengan cara geser tombol kekiri dan ke kanan saja,

 

© 3 Columns Newspaper Copyright by amar web blog`s | Template by Blogger Templates | Blog Trick at Blog-HowToTricks